Monday 3 June 2013

Persiapan Pameran Tugas Akhir #2

Oleh Jajang Suryana


Penyiapan karya tugas akhir selalu menguras tenaga dan terutama waktu. Waktu satu semester yang disediakan oleh JPSR terasa masih kurang banyak. Masih banyak pekerjaan yang belum bisa tuntas. JPSR menetapkan, paling tidak ada 10 buah karya yang bisa dijadikan bahan seleksi dalam menetapkan karya  pameran tugas akhir. Untuk menghasilkan 10 karya memerlukan konsentrasi penuh. Apalagi ketika karya itu ditargetkan untuk mendapatkan kartu pass sebagai karya yang siap pamer.

JPSR melayani pilihan tugas akhir sesuai dengan kesiapan mahasiswa. Pertimbangan penguasaan, berlanjut menjadi bahan pendalaman, ditetapkan berdasarkan hasil capaian nilai kuliah pada semester sebelumnya. Jenis tugas akhir yang bisa dipilih oleh mahasiswa berkaitan dengan prestasi yang telah dicapai oleh mahasiswa pada mata kuliah tertentu. Capaian nilai yang baik untuk beberapa mata kuliah yang bisa dipilih dalam pendalaman tugas akhir melonggarkan kesempatan kepada mahasiswa untuk menetapkan alternatif bidang tugas akahir yang akan dipilihnya. 

Tugas akhir yang ditawarkan oleh JPSR terdiri atas: Pendalaman Seni Lukis, Seni Patung, Seni Grafis, Seni Fotografi, Seni Kriya (dipilah berdasarkan pilihan media: kayu, logam, keramik, atau batik), Desain Komunikasi Visual, Desain Dekorasi, dan Media Rekam. Karena beragam jenis pilihan pendalaman tugas akhir yang dipilih oleh mahasiswa, maka dalam pengelolaan pameran menjadi masalah tersendiri. Peserta kuliah tugas akhir bidang DKV (desain komunikasi visual) kerap menghadapi kendala dalam hal cara memamerkan karya mereka. Mereka rata-rata memilih pendalaman animasi atau karya digital lainnya. Oleh karena itu, cara menampilkan karya memerlukan media khusus. Di satu sisi, keterbatasan ruang pameran menjadi kendala yang membatasi jumlah karya yang bisa dipamerkan, namun bagi peserta tugas akhir DKV, cara pamer yang berbeda dengan peserta lainnya memungkinkan mereka bisa memamerkan semua karya tugas akhirnya.

Beberapa karya yang siap dipamerkan dalam pameran tugas akhir kali ini bisa dilihat berikut ini. Juga ada beberapa karya yang disiapkan untuk acara odalan JPSR.   

Rancangan website Pemetaan Seni Rupa Bali adalah salah satu karya yang dibuat oleh mahasiswa
yang memilih tugas akhir desain komunikasi visual

Karya seni grafis dengan memanfaatkan tema cerita tradisional Bali

Inovasi bentuk seruling berbahan kayu digarap dalam pilihan tugas seni kriya kayu

Tiruan sarcophagus berbahan kayu

Konsultasi karya seni grafis dengan Pak Budiarta

Pak Sudiarta sedang menilai karya seni lukis

Pak Agus memberi komentar karya-karya mahasiswa di depan mahasiswa dan dosen lainnya

Karya-karya yang meramaikan suasana

Karya yang menjadi bagian dari persiapan acara odalan JPSR

Persiapan panggung untuk acara odalan


*Semua foto dibuat menggunakan kamera Sony Xperia Z.





1 comment: