Tuesday 3 September 2013

LOGO MISS WORLD 2013 YANG KESELEO?

Oleh Jajang Suryana


Logotype kerap digunakan untuk menunjukkan ciri khas sebuah produk, biro layanan, sebuah komunitas, ataupun lembaga. Logotype pada dasarnya difungsikan “sama” dengan lambang. Tetapi, lambang dibentuk untuk menunjukkan hal-hal yang simbolis, ikonis, bahkan isi harapan yang dikandung di dalam bentuk yang digunakan perlambangan. Logotype memanfaatkan huruf sebagai bahan olahan bentuk. Initial nama kerap dipilih sebagai bahan tampilan logo. Kegiatan Miss World, misalnya. Dua huruf awal dari kata Miss (M) dan World (W) dipilih menjadi bahan logo. Pola pilih seperti itu menyebabkan munculnya kemungkinan pilihan huruf yang sama untuk sejumlah nama. Nama Miss World dengan Museum Wayang sebagai contoh bisa menghadirkan pilihan inisial huruf yang sama yaitu M dan W. Dua pilihan huruf itulah yang menjadi bakal logotype mereka.

Siapapun bisa menggunakan pilihan huruf yang sama sebagai bahan pilihan logotypenya. Tetapi, jika kemudian ada dua pemilik nama memilih komposisi yang sama dalam pembentukan logotypenya, hal itu kerap dijadikan bahan protes dan bahkan tuntutan.

Ketika saya berselancar mencari situs Museum Wayang, saya sempat menyimpan memori tentang bentuk logotype yang digunakan oleh pengelola situs tersebut. Huruf M dan W sebagai inisial nama Museum Wayang, ditata bertumpuk menghasilkan bentuk yang estetis sebagai logotype. Itu saja, awalnya. Tiba-tiba, ketika Indonesia kebanjiran kepercayaan untuk menyelenggarakan acara miss World, iklan acara tersebut sempat mengganggu ingatan saya. Saya sempat mengingat dengan keras memori tentang bentuk yang sama dengan logo Miss World 2013. Akhirnya, saya menemukannya di situs Museum Wayang Jakarta.


Khalayak tentu bisa menanggapi kondisi ini sesuai dengan latar kepentingan dan pengetahuan masing-masing. Silakan!

Logotype Musem Wayang Jakarta

Inisial dua huruf awal nama Museum Wayang yang dipakai sebagai logotype

Dua huruf yang digunakan Miss World 2013

Logotype MW dalam tampilan situs Miss World 2013

Logo Miss World yang lain dengan susunan huruf MW yang berbeda dengan logo MW 2013

Susunan dua huruf (huruf berwarna putih) yang terdiri atas dua huruf 
yaitu W dan M dalam pola susun yang berderet

Kejadian menarik yang hampir sama pernah terjadi. Penggunaan nama majalah yang berbeda tahun terbit, berbeda isi, dan berbeda penerbitnya, menggunakan nama yang sama.

 Majalah Warta Wayang Gatra No. 8 tahun 1985, diterbitkan oleh Yayasan Sena Wangi 
(dari Koleksi K. Atmojo)

Wajah Majalah Gatra perdana yang terbit tahun 1994
(dari Koleksi K. Atmojo)
















2 comments:

  1. Terima kasih, artikel yang menarik dan menginspirasi tugas saya selanjutnya,,,,,,

    ReplyDelete
  2. pak,, saya sudah memfollow blog bapak tapi saya tidak tahu apakah sudah masuk anggota atau belum pak
    saya suryanita anak PGSD kelas A smt 4

    ReplyDelete